Buto cakil Tobat

Buto cakil Tobat

             
                      Campursari dipopulerkan oleh Manthous pada tahun 1980 an. Awalnya Campursari merupakan musik tradisional Jawa (gamelan) yang dimasuki/ditambah dengan alat musik modern berupa keyboard.  Namun pada  perkembangannya, sudah berbagai unsur musik bisa masuk ke dalam campursari. Setelah gamelan dan keyboard, kemudian ditambah unsur keroncong dan dangdut.


Hingga sekarang, dalam sebuah panggung campursari langgam jawa, keroncong, dangdut, keroncong dangdut (congdut), dan bahkan dangdut koplo sekalipun sering ditampilkan.  Mungkin karena terdiri dari berbagai unsur itulah mengapa dinamakan campursari.


Pada sekitar tahun 1980 an, belum banyak penyanyi campursari yang terkenal. Selain ki Manthous sendiri, saat itu ada penyanyi mungil nan ayu dan bersuara merdu. Perempuan itu bernama Nurhana. Lagu-lagu seperti lingsir wengi, kena goda, kusumaning ati, adalah beberapa lagu campursari yang pernah dinyanyikan Nurhana. Selain dikenal sebagai penyanyi campursari, Nurhana juga dikenal sebagai seorang pesinden.

Selain Nurhana, masih banyak penyanyi campursari yang kita kenal sampai sekarang seperti Anik Sunyahni, Wiwid, Novita dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk penyanyi pria, sepeninggal ki Manthous muncul nama-nama semisal Didi Kempot, Cak Diqin, Sony Joz dan yang lain.

Lagu-lagu karya Cak Diqin, dan Didi Kempot pun banyak yang booming semacam gulu pedhot, sepur argo lawu, Setasiun Balapan, Angge angge Orong orong dan masih banyak lagi.


Campursari, musik asli Indonesia ( jawa khususnya ) dan hanya ada di Indonesia. Walaupun pada awal kemunculannya banyak dikritik, namun dengan kegigihan para seniman-senimannya, campursari kini bisa menjadi musik alternatif yang berfariasi dan enak didengarkan. Bahkan campursari kini sudah  merambah ke Eropa.


                        link download mp3 campursari
             " Lagu yang terpopuler disini Buto cakil Tobat "














































No comments:

Post a Comment